Kamis, 20 Oktober 2011

Parkir Motor di Kampus Gunadarma

Memasuki semester 5 saya berkuliah di Universitas Gunadarma, ada satu hal yang sangat mengejutkan ketika pertama kali masuk kuliah di semester ini. Pasti kejadian ini juga cukup mengejutkan mahasiswa Gunadarma lainnya. Hal itu adalah masalah tempat parkir motor di kampus. Tempat parkir motor yang biasanya tidak sampai membludak, saat ini kenyataannya berkebalikan 180 derajat. Bahkan untuk sekedar mendapatkan tempat parkir motor sangatlah sulit.

Hal ini adalah akibat dari banyaknya mahasiswa baru yang memilih berkuliah di Universitas Gunadarma dengan mengendarai sepeda motor. Dan yang terjadi sekarang dapat kita lihat dalam kehidupan sehari-hari di kampus. Tempat parkir motor terkesan dipaksakan agar cukup untuk menampung semua motor. Hal ini tentu sangat mengganggu kenyamanan kampus kita, terutama tempat parkir di kampus E. Untuk memarkir motor terkadang kita harus memaksakan motor kita ditaruh di celah-celah antara motor lain. Dan ketika jam-jam selesai perkuliahan timbul permasalahan baru, yaitu kemacetan di pintu keluar parkir. Karena disebabkan banyaknya motor yang akan keluar secara bersamaan, maka kemacetan itu adalah sesuatu yang wajar. Bahkan pengalaman terburuk adalah ketika ingin mengeluarkan motor harus menunggu selama setengah jam lebih untuk bisa keluar dari parkiran motor di kampus E.

Tentunya pihak Gunadarma harus memikirkan solusi mengenai masalah parkir ini. Mau sampai kapan kita sebagai mahasiswa berkutat sehari-hari karena masalah parkir. Solusi dari saya adalah sebaiknya dibangun lahan parkir yang semestinya dan tidak terkesan dipaksakan. Saat ini dapat kita lihat bahwa lahan yang semestinya bukan sebagai tempat parkir dikondisikan sebaliknya. Tentunya hal seperti ini membuat kurang nyaman bagi seluruh penghuni kampus.

Dan pihak Gunadarma seharusnya mulai menghimbau agar mahasiswa yang lokasi tempat tinggalnya tidak terlalu jauh dari kampus dapat menggunakan angkutan umum untuk berangkat kuliah. Atau dengan mencanangkan gerakan Go Green with Bike atau gerakan bersepeda menuju kampus. Dengan adanya satu tindakan konkret dari pihak kampus untuk mengatasi masalah parkir ini, semoga saja lahan parkir di kampus Gunadarma menjadi lebih baik daripada sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar